Rabu, 04 Mei 2011

ALL ABOUT UK


FUN FACTS MENGENAI UK
? Tahukah kamu bahwa sebutan Big Ben berasal dari nama orang yakni Sir Benjamin Hall yang namanya terukir di Great Bell, lonceng di dalamnya
? Tahukah kamu UK menerbitkan lebih dari 200.000 buku tiap tahunnya, yang membuatnya menjadi penerbit buku terbesar di dunia
? Tahukah kamu sebutan bagi prajurit penjaga Tower of London disebut sebagai beefeater
? Tahukah kamu bahwa bendera UK sering disebut juga sebagai Union Jack

LOKASI UK
United Kingdom (UK) atau sering kita kenal dengan Inggris, merupakan salah satu negara terbesar di Eropa dengan luas negara sekitar 243.610 km². Negara yang mempunyai kebudayaan tertua di Eropa ini juga adalah tempat sumber ilmu pengetahuan, literature dan kesenian.

IKLIM
Seperti negara Eropa lainnya, UK juga adalah negara dengan empat (4) musim setiap tahunnya. Cuaca di negara asal William Shakespeare ini pada umumnya cukup bersahabat walaupun Anda mungkin sering mendengar bahwa di UK selalu hujan dan berkabut, tetapi pada kenyataannya cuaca di sana lebih menyenangkan dan menarik daripada itu. Musim panas biasanya cukup sejuk dan musim dingin masih dalam batas normal tergantung dengan kota di mana Anda tinggal.
Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan berkaitan dengan cuaca di UK:
● Cuaca di UK cenderung berubah-ubah terutama di awal musim semi, Anda bisa
   merasakan hujan, salju dan matahari, semua pada hari yang sama
● Biasakan untuk membawa payung kemana pun Anda pergi
● Pakai jaket yang cukup tebal dan sebaiknya yang tahan air
● Biasakan untuk memakai pakaian yang berlapis, Anda dapat mengurangi atau menambah pakaian yang dikenakan apabila cuaca berubah

ZONA WAKTU
Negara yang memiliki ciri khas kotak telepon umum berwarna merah ini memiliki beberapa zona waktu sesuai dengan tempat di mana Anda tinggal. Di musim panas, Daylight Saving Time pun diterapkan, dengan menyesuaikan waktu menjadi satu (1) jam lebih awal.  

PEMERINTAHAN
Pemerintahan di UK berbentuk kerajaan, dengan kepemimpinan tertinggi dipegang oleh seorang ratu atau raja; sedangkan yang menjalankan pemerintahan adalah perdana menteri.
UK terdiri dari empat (4) negara bagian yang meliputi Inggris (England), Irlandia Utara (North Ireland), Skotlandia (Scotland) dan Wales; negara bagian ini masing-masing mempunyai sejarah, budaya dan keindahan alam yang unik.
Inggris, merupakan negara bagian yang paling besar, dengan kurang lebih 50 juta penduduk. Kota besar di Inggris menurut populasi penduduknya meliputi London sebagai ibukota dari UK (10 juta jiwa), Birmingham (2.5 juta jiwa), Leeds (1,5 juta jiwa) dan Manchester (600,000 jiwa).
Irlandia Utara, terdapat lebih kurang 2 juta penduduk dan dari jumlah tersebut sebanyak
350,000 tinggal di Belfast. Penduduk di Irlandia Utara menikmati biaya hidup yang lebih rendah dibandingkan dengan tiga negara lainnya.
Skotlandia, dihuni oleh lebih kurang 6 juta penduduk dengan kota besar seperti Glasgow (700,000 jiwa) dan Edinburgh (600,000 jiwa). Skotlandia dikenal karena mempunyai pemandangan alam yang indah seperti gunung, danau dan lembah.
Wales, dihuni oleh 3 juta penduduk dengan Cardiff sebagai kota terbesar yang penduduknya mencapai 400,000 jiwa.

MASYARAKAT UK
Negara kosmopolitan ini, memiliki jumlah penduduk sekitar 62 juta jiwa. Banyak warga dari negara lain yang telah menetap lama di UK, menjadikan negara ini kaya dan beragam, open-minded, dan masyarakat yang multicultural. Hal ini juga tercermin dalam kehidupan beragama di UK; walaupun sekitar 70% penduduk UK menganut agama Kristen tetapi penganut agama lain juga cukup besar seperti agama Islam yang mencapai 1.8 juta orang.
Bahasa kenegaraan tentu saja bahasa Inggris dengan aksen yang khas sering disebut dengan British accent.

TRANSPORTASI
Melakukan perjalanan di UK sangatlah mudah, berbagai pilihan transportasi seperti mobil, kereta, bis dan pesawat terbang.
Biaya tiket tergantung dari kapan Anda akan melakukan perjalanan, ke mana Anda akan pergi dan berapa lama sebelumnya Anda memesan tiket. Dalam pembelian tiket, Anda  dapat memanfaatkan fasilitas diskon khusus yang tersedia bagi pelajar.

BIAYA HIDUP
Sebagai perkiraan kasar, hidup di London membutuhkan biaya kurang lebih £ 800 hingga £ 900 per bulannya; sedangkan untuk kota-kota lain di UK biaya yang dibutuhkan sekitar £ 650 hingga £ 800 per bulan. Biaya yang disebutkan di atas sudah mencakup akomodasi, makan, transportasi, telekomunikasi dan keperluan sehari-hari lainnya. Tentu saja, biaya ini akan bervariasi sesuai dengan gaya hidup masing-masing pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar