Rabu, 11 Mei 2011

Sistem Pendidikan di UK

Diagram nya tba..
Di UK terdapat lebih dari 3.000 sekolah/institusi pendidikan yang menerima pelajar internasional di berbagai level dengan ribuan pilihan bidang studi. Terdapat beragam akses pendidikan dan pelatihan di UK, yang mengkombinasikan berbagai macam pilihan bidang studi sesuai dengan kebutuhan, minat dan kemampuan Anda.

MACAM-MACAM PENDIDIKAN DI UK
ENGLISH LANGUAGE COURSE

UK mempunyai tradisi yang sangat bagus dalam memberikan pengajaran Bahasa Inggris. Pengajaran Bahasa Inggris diberikan pada semua level pendidikan mulai dari pemula sampai dengan ahli, dan didesain untuk semua umur dari muda hingga tua. Beberapa kursus mempersiapkan pelajar untuk belajar di area yang spesifik seperti kedokteran, hukum atau bisnis.

Sistem pengajaran biasanya lebih banyak berupa praktek, di mana Anda diharapkan untuk aktif berkomunikasi dalam bahasa Inggris sejak pertama Anda masuk, terlibat dalam permainan, penyelesaian masalah dan diskusi untuk melatih kemampuan bahasa Inggris Anda.
Biaya untuk English Language Course rata-rata sekitar £ 100 per minggu untuk kelas yang besar dan £ 300 per minggu untuk kelas yang lebih kecil dan intensif.

SEKOLAH DASAR & MENENGAH
Secara umum, lamanya pendidikan dasar di UK sama dengan di Indonesia yaitu enam (6) tahun. Setelah lulus dari sekolah dasar (primary education), pelajar melanjutkan ke jenjang sekolah menengah (secondary education) yang durasinya empat (4) tahun.

Setelah lulus dari pendidikan wajib sepuluh (10) tahun ini, pelajar akan menerima sertifikat bernama GCSEs (General Certificate of Secondary Education). Pelajar biasanya mengambil sekitar sepuluh (10) mata pelajaran yang dinilai (tergantung dari mata pelajaran yang diambil) melalui kombinasi dari tugas dan ujian tertulis.  

GCE A’ LEVEL & IB
Berdurasi selama dua (2) tahun, ‘A’ Level (Advanced Level) biasanya diikuti oleh pelajar usia 16 atau setelah mereka memperoleh GCSEs. Pelajar biasanya mengambil dua (2) sampai lima (5) subject ‘A’ Level yang merupakan syarat penerimaan untuk masuk ke universitas. Setiap subject dinilai melalui ujian tertulis, tugas atau keduanya.
Dengan sertifikat GCE ‘A’ Level, pelajar dapat melanjutkan studi mereka ke universitas ataupun college yang menawarkan program kejuruan. 

IB (The International Baccalaureate) yang equivalent dengan GCE ‘A’ Level,saat ini semakin banyak diterima sebagai kualifikasi yang diperlukan untuk mendaftar di universitas UK. Ujian untuk kualifikasi ini dapat dilakukan di sekolah swasta atau negeri yang ada di UK.
Biaya untuk ‘A’ Level rata-rata sekitar £ 24.000 - £ 31.000 selama masa studi. 

PROGRAM LANJUTAN (HND) & PRA-UNIVERSITAS (FOUNDATION STUDIES)
Program lanjutan (HND atau Higher National Diploma) menawarkan program teknis dan keahlian, biasanya sekitar 1-2 tahun tergantung dari jurusan dan sertifikasi yang dipilih. Kualifikasi yang diperoleh adalah Certificate of Higher National Diploma atau Higher National Certificate

Untuk pelajar lulusan SMA kelas XII di Indonesia, umumnya universitas di UK mensyaratkan masuk program A’ Level atau program Pra-Universitas (Foundation) sebelum meneruskan ke tahun pertama di universitas (undergraduate degree). Bagi jurusan yang sulit seperti kedokteran dan hukum, apalagi untuk top universitas di UK, siswa internasional diharuskan mesuk ke program ‘A’ Level selama dua (2) tahun sebelum undergraduate.

Biaya untuk Program Pra-Universitas (Foudation) rata-rata sekitar £ 10.000 – £ 15.000 per tahun. 

PROGRAM SARJANA PROFESIONAL (UNDERGRADUATE DEGREE)

Universitas pertama di UK didirikan kurang lebih 800 tahun yang lalu, sehingga universitas di UK sudah mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang sangat mendalam di bidang pendidikan.
Di Inggris, Irlandia Utara dan Wales, program S1 pada umumnya diselesaikan dalam waktu tiga (3) tahun. Adapun istilah ‘sandwich program' di mana pelajar menyelesaikan studi dua (2) tahun di universitas, lalu tahun ketiga mereka melakukan riset atau magang kerja di luar sekolah, kemudian pada tahun keempat mereka kembali ke universitas untuk menyelesaikan S1 mereka. Di Skotlandia program S1 pada umumnya berlangsung lebih lama, yaitu selama empat (4) tahun. Sementara untuk program profesi seperti kedokteran berlangsung sekitar lima (5) tahun.

Penilaian dilakukan melalui kombinasi dari tugas, partisipasi di seminar, ujian tertulis dan disertasi. Setelah menyelesaikan S1, gelar yang didapat adalah Bachelor seperti BA (Bachelor of Arts), BEng (Bachelor of Engineering) dan BSc (Bachelor of Science).

Setelah pelajar mendapatkan Bachelor Degree, Pemerintah UK memberikan kesempatan untuk bekerja full time selama dua (2) tahun, hal ini disebut sebagai Post-study workers. Kesempatan ini adalah peluang emas untuk mendapatkan pengalaman kerja dan networking sebelum mereka kembali ke Indonesia.
Bagi yang ingin mendaftar undergraduate degree, siswa diharuskan mendaftar lewat program UCAS (Universities and Colleges Admission System) secara online.

Biaya kuliah di universitas berkisar antara £ 10.000 – £ 13.000 per tahun; sedangkan untuk kedokteran, biaya kuliah sekitar £ 16.000 – £ 30.000 per tahun.

PROGRAM PASKA SARJANA PROFESIONAL (POSTGRADUATE DEGREE)

Program S2 (Master) di UK biasanya membutuhkan waktu singkat yakni hanya satu (1) tahun, termasuk program MBA (Master of Business Administration). Ini membuat pendidikan S2 di UK menjadi sangat kompetitif dibandingkan dengan negara lain yang memerlukan waktu dua (2) tahun. Ditambah dengan kesempatan bekerja full time selama dua (2) tahun yang diberikan pemerintah UK kepada pelajar internasional setelah mendapatkan Master Degree di UK, yang disebut sebagai Post-study workers
Untuk program S3 atau Doktoral (PhD) waktu studi yang dibutuhkan yaitu tiga (3) tahun.
Program MBA didesain untuk meningkatkan kemampuan manajerial, kemampuan untuk
menganalisa masalah-masalah yang kompleks dan kemampuan untuk membuat
keputusan strategis. Terdapat beberapa program MBA yang didesain khusus untuk
industri tertentu (keuangan atau retail) atau sektor tertentu (asuransi dan kerugian
pertahanan, e-business, public sector, dll).

Syarat masuk untuk Program MBA adalah pengalaman bekerja di managerial level minimum tiga (3) tahun; oleh karena itu biaya program MBA lebih tinggi daripada Program Master lainnya, berkisar antara £ 15.000 - £ 18.000 per tahun.
Program Master secara umum terbagi dalam dua (2) macam sistem pembelajaran yaitu : 

1. PEMBELAJARAN DI KELAS (TAUGHT PROGRAM)
Ini merupakan program akademik yang lebih mendetail, didesain untuk memberikan pendalaman terhadap pengetahuan Anda akan bidang studi yang Anda ambil sebelumnya di S1. Beberapa program juga berfungsi sebagai ‘conversion  course’ yang akan memperkenalkan Anda dengan bidang studi yang baru yang Anda ambil, apabila bidang studi tersebut berbeda dengan bidang studi S1 Anda sebelumnya.

Taught course dibagi lagi menjadi dua yakni Program Master – biasanya berlangsung satu (1) tahun terdiri dari pembelajaran di kelas, seminar dan disertasi; dan Program Diploma – berlangsung sembilan (9) bulan terdiri dari elemen pengajaran yang sama dengan Program Master tetapi TANPA disertasi.

2. PENELITIAN (RESEARCH PROGRAM)

Untuk Research Program, durasi studi rata-rata dua (2) tahun. Ini merupakan program di mana 70% pembelajaran adalah riset di luar sekolah seperti di lab, lanpangan ataupun perusahaan; serta 30% lainnya pelajar diminta untuk merumuskan suatu hipotesis dari riset yang dilakukan. 

Program penelitian memberikan kesempatan kepada Anda untuk melakukan penelitian di bidang khusus yang diminati. Anda akan menyusun topik penelitian di bawah pengawasan dari satu (1) atau dua (2) pembimbing yang mempunyai spesialisasi di bidang yang Anda pilih. Untuk berhasil Anda harus dapat menunjukan kemampuan intelektual untuk mandiri, mempunyai pengelolaan waktu yang baik dan juga disiplin karena Anda sendiri yang mengatur waktu dan jadwal penelitian yang Anda lakukan.
Biaya untuk Program Master rata-rata £ 9.000 – £ 13.000 per tahun.

DISTANCE LEARNING

Pelajar dapat memilih berbagai jenis jalur pendidikan dan sistem pelatihan, menggabungkan berbagai bidang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Banyak bidang juga diambil dengan sistem belajar jarak jauh (Distance Learning) di negara masing-masing. Dengan beragamnya pilihan bidang khusus ini memberikan siswa kemudahan untuk memilih bidang yang sesuai dengan keinginan, ambisi serta antusiasme mereka dalam menempuh suatu ilmu.

STANDARD MUTU & AKREDITASI PENDIDIKAN DI UK

Standard mutu pendidikan di UK sangat digaransi oleh pemerintah, oleh karena itu kualifikasi UK dikenal dan dihargai di seluruh dunia dengan kualitas tinggi.
Semua level pendidikan, terutama undergraduate dan postgraduate degree harus melalui otorisasi DfES (Department of Education & Skills) maupun Royal Charter of Act of Parliament.
Beberapa quality assurance yaitu TQA (Teaching Quality Assurance) setiap empat (4) tahun sekali, untuk menilai kualitas pengajaran pada mata kuliah yang spesifik; juga RAE (Research Assessment Exercise) untuk menilai kualitas riset dari suatu universitas.

RAE merupakan acuan penting sebagai pertimbangan untuk studi postgraduate di UK. Skala mulai dari 1-5, semakin tinggi skalanya berarti semakin tinggi pula pendanaan universitas tersebut terhadap riset pendidikan pada subjek tertentunya.

BEASISWA STUDI DI UK

UK merupakan salah satu negara yang sangat mendukung siswa internasional untuk melanjutkan studi, dengan cara menawarkan beasiswa bagi kandidat yang berprestasi secara konsisten. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di www.chevening.com
Oleh karena itu, untuk pelajar berprestasi dengan nilai akademis baik, universitas di UK pun memberikan beasiswa baik secara full maupun partial.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar